Oleh: DKR Sidoarjo | 15 Januari 2010

PENDAMPINGAN RAKYAT DESA SIAGA

Dalam Kepmenkes no.564/menkes/SK/VIII/2006 yang menjelaskan tentang Desa siaga yaitu Desa yang memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan untuk mencegah dan mengatasi masalah / ancaman kesehatan   secara mandiri dalam rangka mewujudkan Desa sehat dengan terwujudnya Rakyat Desa yang sehat, peduli dan tanggap terhadap adanya permasalahan yang menyangkut dengan kesehatan di wilahnya.

Desa Siaga berperan penting untuk mendidik dan menyadarkan rakyat bahwa ancaman bencana alam dan penyakit hanya bisa dihadapi jika seluruh rakyat sadar dan terlibat dalam berbagai persiapan dan mobilisasi kerja penanganan bencana.

Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) yang mempunyai tujuan khusus di sektor kesehatan, dengan beberapa gagasan dan konsep yang telah dirumuskan pada pertemuan Nasional pada tanggal 11-12 Maret 2008 di Jakarta yang dihadiri oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, DR. Dr. Siti Fadilah Supari SpJP, diantaranya mengagas tentang pendirian Desa Siaga, yang melibatkan dari seluruh kader DKR mulai tingkat Kabupaten sampai pada tingkat Nasional.

Lewat pendidikan pendampingan yang dilakukan oleh DKR melalui Desa Siaga, dengan bertujuan agar rakyat desa mengerti cara menghindar dari ancaman bencana alam dan penyakit. Rakyat juga mengerti bagaimana menghadapi bencana secara nyata dan bagaimana menghadapi situasi darurat pasca bencana.

Sebagai tujuan akhir dengan adanya pelatihan dan pendampingan Desa Siaga, DKR berharap peran aktif Pemuda dan Rakyat Desa setempat untuk terlibat dan tangap dalam menjalankan program Desa Siaga, agar semua tau dan sadar akan bencana dan penyakit yaang dihadapi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: