Oleh: DKR Sidoarjo | 11 Januari 2010

Sejarah Dewan Kesehatan Rakyat (DKR)

DEWAN KESEHATAN RAKYAT (DKR)

Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) adalah lembaga masysrakat yang independen dengan garis kordinasi pusat, daerah sampai pada tingkat Kabupaten/Kota yang mempunyai tugas serta tangung jawab dengan kesepakatan untuk ikut serta mendorong dalam perbaikan, peningkatan kesehatan rakyat serta menyatukan inisiatif masyarakat agar ikut serta dalam perbaikan dengan menambah peningkatan kesehatan dan melakukan pendampingan (pelayanan) kesehatan serta  pembangunan desa dengan lingkungan yang sehat.

Dalam proses sejarahnya Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) dibentuk dalam sebuah Wokrshop dan Training serta Pertemuan Nasional pada tanggal 11-12 Maret 2008 di Jakarta, yang dihadiri oleh individu, perwakilan organisasi, LSM dari tingkatan kabupaten yang terdiri dari 33 propinsi di seluruh Indonesia.

Dengan pertemuan ini juga menunjuk kepengurusan nasional sampai pada tingkat daerah, kabupaten/kota yang dipimpin langsung oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, DR. Dr. Siti Fadilah Supari SpJP (K) pada saat itu sebagai pembina DKR yang dibantu oleh pengurus harian yang terdiri dari seorang sekretaris jenderal, seorang bendahara, seorang ketua bidang organisasi dan seorang ketua bidang pendidikan/pelatihan.

DKR berdiri disemua propinsi dan kabupaten seluruh Indonesia dan bertujuan untuk memastikan semua desa menjadi desa siaga. Tugas DKR adalah mendorong berdirinya desa siaga, melakukan pengawalan (pendampingan) masyarkat untuk mendapatkan kesehatan dengan pelayan yg sehingga program kesehatan pemerintah dapat berjalan dan dirasakan langsung oleh rakyat setempat.

Untuk itu DKR memperluas kerjasama dengan semua pihak terkait baik pemerintah dan non pemerintah untuk memastikan rakyat mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik. Semakin banyak pihak yang terlibat di DKR akan semakin mempermudah dan memperkuat pemberdayaan masyarakat pada sektor kesehatan.

Proritas Tugas DKR antara lain :

  • Mendorong berdirinya desa-desa siaga diseluruh desa!
  • Melakukan advokasi bagi rakyat miskin yang memerlukan pelayanan kesehatan !

Responses

  1. salam kenal kawan kawan sidoarjo, selamat berjuang untuk dapat mewujudkan rakyat sehat negara kuat.

  2. DKR di wilyah sy blum ada, kalupun ada blum dirasakan rakyat akar rumput

  3. mangtaf


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: