Oleh: DKR Sidoarjo | 13 Februari 2010

VALIDASI DATA PESERTA JAMKESDA KABUPATEN SIDOARJO TIDAK OPTIMAL

Walau sudah ada ketentuan Kapolda No. Pol: Mak/01/IX/2008 yang berisi sanksi pidana bagi pembuat/ keterangan palsu keluaraga miskin. Ternyata masih ada beberapa instansi yang melakukan pemalsuan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Hal ini terjadi tahun 2009, yang mana pada saat itu banyak orang mengaku miskin saat berobat, sehinga ini mengakibatkan terjadinya pembengkakan anggaran sebesar 4,5 M untuk Jaminan Kesehatan (jamkes) di Kabupaten Sidoarjo.

Diharapkan untuk tahun ini seluruh warga miskin harus terdaftar sebagai peserta jamkes. Kadinkes Kabupaten Sidoarjo dalam Jawa Pos, Sabtu 12 Februari 2010 “ada sekitar 85.991 ribu jiwa yang terdaftar sebagai peserta jamkes non kuota pada tahun 2009. Sementara untuk tahun ini dinkes mencatat sekitar 95.177 ribu jiwa. Ada peningkatan sebesar 11 persen,”.

Untuk menghindari terjadinya pembengkakan seperti tahun 2009, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sidoarjo melakukan sosialisasi dan validasi data mengenai SKTM sebagai ganti daripada program Jaminan Kesehatan Daerah (jamkesda). Pada tahun 2010 yang dilakukan mulai tangggal 3 – 15 Februari 2010.

Sampai pada bulan ini validasi data yang katanya sudah dilakukan, ternyata masih ada sebagian desa yang belum melakukan validasi data ulang bagi peserta jamkesda, bahkan warganya masih belum tau mengenai apa itu jamkesda. Temuan saat tim dari Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) melakukan pendampingan di Desa-desa se-Kecamatan Buduran.

Yang semestinya kalu memang dilakukanya validasi data semestinya ada sosialisasi data di tingkat kelurahan yang dilakukan oleh instansi terkait, apalagi untuk tahun ini ada kenaikan 11 persen dari tahun sebelumnya untuk peserta jamkes, sedangkan kalau ini tidak dilakukan berarti tidak ada perubahan data dari tahun 2009 ke tahun 2010, atau memang ada rekayasa data? Atau pemerintahan Kabupaten Sidoarjo untuk tahun ini masih tidak siap dalam menjalankan program Jaminan Kesehatan Daerah (jamkesda)?

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: